Semua Sibuk

“Tak ada yang tetap di dunia ini,” kata Heraklitos, “semuanya dinamis, mengalir, berubah.” Disampaikan oleh filsuf pra-sokratik pada abad ke-6 sebelum masehi (SM). Kini, dunia perdebatan tidak lagi antara “yang-tetap” dengan “yang-berubah”. Tapi, antara “yang-santai” dengan “yang-sibuk”.

Jika Heraklitos hidup di zaman sekarang ini, mungkin pernyataannya akan menjadi begini: “Tidak ada yang santai di dunia ini. Tidak pula ada yang sibuk. Ketahuilah, keduanya kabur, abu-abu, samar-samar, ujung-ujungnya tidak jelas.”

Ya, ketidakjelasan. Dunia ini dibayang-bayangi ketidakjelasan. Tidak jelas mana putih dan mana hitam. Keduanya bercampur, menjadi abu-abu, kemudian menjadi warna-warna lain yang entah namanya apa. Sampai kita, manusia, sulit memberi nama pada warna itu. Karena tidak jelas.

Begitu juga dengan kawan dan musuh. Mana kawan, dan mana lawan. Tak jelas. Pada suatu waktu, ia menjadi kawan. Pada waktu lain, ia membuka selimut, lalu menumpahkan air aki ke sekujur tubuh kita. Di dekat pintu kamar, ia berdiri, menyeringai, terkekeh, menggerak-gerakkan mulut ke kanan ke kiri, kemudian menghampiri kita yang sudah tak berdaya di atas ranjang. Meludah ke muka kita, lalu pergi.

Aku menyebutnya manusia sibuk. Bukan sibuk akan pekerjaannya. Karena itu memang perannya di dunia. Itu amanah, kata tokoh agama. Itu tanggung jawab kemanusiaan, kata humanis. Manusia sibuk akan keinginannya. Ingin ini, ingin itu, ingin ini-itu. Tidak puas dengan pekerjaan ini, masih saja mengiyakan pekerjaan lain.

Manusia disibukkan oleh keinginannya sendiri. Ia ingin sehat, berolahragalah di minggu di alun-alun kota. Ia ingin pandai, bersekolahlah di sekolah favorit yang biayanya melangit. Ia ingin jabatan, cukup tebar pesona, sogok-sana sogok ini. Ia ingin makan enak, pergilah ke restoran yang biaya parkirnya seharga satu nasi bungkus di warung kelontong.

Hanya manusia meras cukup, berkecukupan, yang tak disibukkan dengan keinginan. Cukup dengan keterlemparannya ke dunia. Cukup juga dengan segala hal-ikhwal yang menimpa dirinya.


Blunyahrejo, 14/02/2016

Comments